Pelajaran PPKn Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match Di SMK Farmasi Cendikia Farma Husada

Metode pembelajaran aktif (Active Learning) adalah suatu pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan belajar siswa secara aktif serta menggali potensi siswa untuk mengembangkan berbagai pengetahuan keterampilan dan pengalaman. Dengan pembelajaran aktif, guru dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar baik secara fisik maupun mental, intelektual, dan emosional.

Metode pembelajaran aktif (Active Learning) adalah suatu pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan belajar siswa secara aktif serta menggali potensi siswa untuk mengembangkan berbagai pengetahuan keterampilan dan pengalaman. Dengan pembelajaran aktif, guru dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar baik secara fisik maupun mental, intelektual, dan emosional.

Index Card Match atau mencari pasangan adalah strategi belajar yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya. Namun  demikian setiap  materi  baru  yang  diajarkan  dengan strategi ini dengan catatan, peserta didik diberi tugas mempelajari topik yang akan diajarkan terlebih dahulu, sehingga ketika masuk kelas sudah memiliki bekal pengetahuan.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh guru dalam pembelajaran dengan menerapakan  metode  Active  Learning  tipe  Indek Card Match. Melvin L. Siberman dalam Raisul Muttaqien (2013: 250) menjelaskan prosedur Index Card Match sebagai berikut.

  1. Menuliskan pertanyaan pada kartu terpisah tentang apapun yang diajarkan di kelas
  2. Membuat kartu pertanyaan dengan jumlah yang sama dengan setengah jumlah siswa.
  3. Menuliskan  jawaban   pada   kartu   terpisah   atas   masing-masing pertanyaan 
  4. Mencampurkan dua kumpulan kartu itu dan mengocok beberapa kali agar benar-benar tercampur. 
  5. Memberikan satu kartu untuk siswa.
  6. Menjelaskan pada siswa bahwa ini merupakan latihan pencocokan.
  7. Membagikan pada sebagian siswa pertanyaan tinjauan dan sebagian lain mendapatkan kartu jawabannya.
  8. Memerintahkan siswa untuk mencari kartu pasangan mereka. Jika sudah terbentuk pasangan, guru memerintah siswa yang berpasangan itu untuk mencari tempat duduk bersa (Guru mengatakan pada mereka untuk  tidak  mengungkapkan  kepada pasangan  lain  apa  yang ada di kartu mereka).
  9. Apabila semua pasangan yang cocok telah duduk bersama, Guru memerintahkan tiap  pasangan  untuk  memberikan  kuis  kepada siswa yang lain dengan membacakan keras-keras pertanyaan mereka dan menantang siswa lain untuk memberikan jawabannya.

#Alumni
SHARE :
Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
AGENDA